Berita

Pegawai Cleaning Service Jadi Garda Terdepan Cegah Penyebaran Covid-19
  • 12 Jan 2021
  • Admin

Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional Asosiasi Pengusaha Klining Servis Indonesia (Apklindo) Pusat, H. M. Siddiq S P menghadiri acara musyawarah Provinsi Jawa Barat, di Hotel Shadow Bandung, Kamis (10/12).

 

M. Siddiq mengatakan, kegiatan ini menjadi yang pertama. Diharapkan pada 2021 mendatang Apklindo Jabar bisa lebih maju.

“Pada 2021 Apklindo Jabar bisa lebih maju dengan menggunakan e-katalog lokal, untuk memberikan peluang bisnis besar bagi para pengusaha Jabar agar bisa berkembang seperti di daerah lain,” katanya.

Dirinya menambahkan, jelas pandemi memberikan pengaruh pada sektor layanan kebersihan karena menyangkut pelayanan publik.

“Di mana usaha yang bersifat publik ditutup pasti berpengaruh bagi para pekerja, bahkan menambah pengangguran baru karena cleaning kan ada di mana-mana, jadi kita terdampak,” paparnya.

Terpisah, Dewan Pengurus Apklindo Jabar Cecilia Fransisca mengaku, karena pandemi ada pelanggan yang tidak bisa beroperasional untuk sementara.

“Sangat terdampak, tapi jasa cleaning ini tidak mati total namun ada pengurangan man power saja,” paparnya.

Diakuinya, dengan dukungan pemda, adanya e-katalog diberi kesempatan mengikuti tender cleaning service di pemerintahan.

“E-katalog pemerintah sangat-sangat terbantu karena kan tidak seperti swasta kalo pemerintah anggarannya memang terus ada,” jelasnya.

Untuk saat ini, tercatat ada 400 perusahaan klining service. “Saat ini anggota sekitar 120-an, satu perusahaan sekitar 500 main power pasti mereka punya,” jelasnya.

Terkait masa pandemi, Cecilia mengatakan pihaknya menerapkan standar kerja era new normal.

“Kita sebenarnya sudah menjalani K3 yang sekarang lebih diperhatikan lagi, seperti pemberian fogging, chemical juga bukan hanya untuk membersihkan tapi bisa sanitasi dan disinfeksi perusahan yang klining di Apklindo sudah ada traningnya,” jelasnya.

Disampaikan, pekerjaan cleaning service, menjadi pekerjaan paling depan dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

“Untuk saat ini, kami menerapkan prosedur kerja yang sangat selektif dalam pencegahan penyebaran Covid-19, sebenarnya kami sudah lakukan setiap hari, namun saat pandemi ini kami tingkatkan kembali dalam membersihkan area publik,” pungkasnya.

 

https://satgascovid.pojoksatu.id/berita/pegawai-cleaning-service-jadi-garda-terdepan-cegah-penyebaran-covid-19-di-tempat-umum

Bagikan di: